TALENT (TRUNOJOYO AGROINDUSTRIAL TECHNOLOGY EVENT)

TALENT  adalah  event Mahasiswa Teknologi Industri Pertanian yang  dirancang  dalam  rangka memberikan  kontribusi  intelektual  dan  kontribusi  konkret  terhadap Pengembangan  Agroindustri  Hasil Laut  di  Indonesia khususnya Madura. TALENT  juga merupakan  event  yang didalamnya  terdapat  bermacam macam  rangkaian  kegiatan  yang  bertujuan  untuk  meningkatkan pengetahuan  masyarakat  khususnya  akademisi,  pemerintah  maupun pengusaha. Adapun tema TALENT pada tahun 2018 adalah Optimalisasi Sumber Daya Pertanian dan Perikanan Menuju Indonesia “EMAS” (Energik, Multitalenta, Aktif dan Spiritualis) 2045.

Agroindustri hasil pertanian dan perairan merupakan salah satu industri yang bergerak pada pengolahan hasil pertanian dan perairan yang berpotensi untuk dikembangkan, mengingat potensi sumber daya pertanian dan perairan nasional yang sangat besar. Di Madura, pengolahan berbasis sektor pertanian dan perairan dapat dikatakan hampir tak tersentuh, meski kenyataannya sumber daya pertanian dan perairan yang dimiliki oleh Madura sangat beragam, baik jenis dan potensinya. Namun, potensi tersebut kurang didukung keahlian dan keterampilan sumber daya manusia dan minimnya manajemen pengolahan industri hasil pertanian dan perairan. Menurut data statistik pulau Madura memiliki 69% usia – usia yang dikatakan masih produktif. Sehingga, perlu diadakannya suatu pelatihan SDM untuk meningkatkan potensi dalam hal meningkatkan potensi hasil pertanian dan perairan yang ada di pulau Madura.

Sektor industri berbasis pertanian (agroindustri) dan sumber daya perairan merupakan tulang punggung perekonomian nasional dan sumber penghidupan sebagian besar rakyat Indonesia. Kebutuhan tenaga kerja terapan merupakan salah satu faktor penting bagi pengembangan agroindustri hasil pertanian dan sumber daya perairan di Era Globalisasi khususnya daerah Madura, Jawa Timur. Disamping potensi jagung, tambak dan garam yang dihasilkan terdapat permasalahan yang terjadi pada sektor pertanian dan juga perairan di Madura diantaranya yaitu matinya lahan pertanian, hal ini menyebabkan banyaknya masyarakat yang menganggur. Lahan kosong banyak digunakan sebagai bisnis pribadi. Permasalahan selanjutnya pada perairan yang ada di Madura yaitu tercemarnya area perairan yang berasal dari sampah hasil peleburan kapal, limbah tersebut mencemari lingkungan perairan sehingga garam yang di hasilkan ikut tercemar.

Sasaran yang akan dituju pada kegiatan TALENT yaitu stakeholder-stakeholder  Agroindutri  hasil  laut (Industri Pengolahan  Hasil  Laut,  Pemerintah  Kabupaten,  dan  Masyarakat Umum), Mahasiswa UTM, Mahasiswa Luar UTM, siswa SMA sederajat Se Jawa Timur an UMKM Se Madura. Adapun  rangkaian  acara TALENT adalah  Lomba Karya  Tulis  Ilmiah dan poster.  Lomba Karya  Tulis  Ilmiah dan posterAcara  lomba  karya  tulis  ilmiah  (LKTI)  merupakan  serangkaian kegiatan  yang  melibatkan  siswa/siswi  SMA/SMK  se-derajat  di Jawa  Timur  dalam  mengeksplorasi  kemampuan  berpikir  dan menulis  secara  individu  maupun  kelompok.  Kegiatan  ini dilaksanakan  di  Gedung  Graha  Utama,  Universitas  Trunojoyo Madura dengan menampilkan karya 10 Finalis terpilih yang telah di  seleksi  oleh  Tim  Juri.  Adapun  yang  bertindak  sebagai  juri adalah  3  orang  Dosen  Program  Studi  Teknologi  Industri Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Trunojoyo Madura. panduan LKTI bisa didownload disini

Download (DOCX, 4.08MB)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *