Visi, Misi dan Tujuan

V  I  S  I

Mewujudkan prodi TIP yang bereputasi internasional dalam penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk menghasilkan lulusan unggul di bidang agroindustri berkelanjutan berbasis komoditas lokal Madura pada tahun 2030.

M  I  S  I
  1. Menyelenggarakan proses pendidikan secara profesional dengan selalu mengantisipasi kebutuhan dan perkembangan ilmu dan teknologi;
  2. Melakukan penelitian yang berorientasi pada agroindustri berkelanjutan berbasis pengembangan potensi Madura;
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dari hasil-hasil penelitian yang tepat guna;
  4. Membangun sinergi tri dharma perguruan tinggi melalui jejaring dengan akademisi dan agroindustri di tingkat internasional.
T U J U A N

Tujuan Prodi TIP ini merujuk pada tujuan Fakultas Pertanian dan tujuan UTM. Tujuan ini juga diturunkan dari misi Prodi TIP. Adapun tujuan penyelenggaraan Prodi TIP adalah sebagai berikut :

  1. Menghasilkan proses pembelajaran yang mengacu pada sumber-sumber mutakhir, mengintegrasikan soft skill, hard skill, dan moralitas.
  2. Menghasilkan proses pembelajaran yang efektif dan efisien berorientasi pada pembelajaran berbasis kebutuhan dan aktivitas mahasiswa (student-centered learning).
  3. Menghasilkan lulusan yang berjiwa kewirausahaan, kompeten di bidang agroindustri, bermoral tinggi, dan berkemampuan sosial.
  4. Menghasilkan karya-karya penelitian yang dapat menjawab kebutuhan masyarakat
  5. Mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di lingkungan sekitar.
  6. Menghasilkan jejaring yang luas dengan berbagai lembaga yang berkaitan di tingkat nasional dan regional.
S A S A R A N

Sasaran-sasaran yang ingin dicapai dengan penyelenggaraan Prodi TIP adalah sebagai berikut:

Lulusan yang mempunyai kompetensi dalam bidang agroindustri dan mempunyai jiwa wirausaha sehingga mampu bersaing di dunia kerja dengan spesifikasi :
  1. IPK ≥ 3,00 dan meningkat sebesar 0,01 setiap tahunnya
  2. Jumlah mahasiswa lulus dengan masa studi ≤ 8 semester sebanyak 65% dan persentase ini meningkat tiap tahun
  3. Mampu berkomunikasi dalam Bahasa Inggris, dibuktikan dengan skor TOEFL minimal 450
  4. Menguasai aplikasi komputer bidang Teknologi Industri Pertanian dan akademik, penelitian, serta teknologi informasi
  5. Mempunyai kemampuan dalam berwirausaha dengan dibuktikan 4 sertifikat kelulusan pelatihan kewirausahaan dan soft skills.
  6. Pernah menerbitkan artikel di jurnal, termasuk jurnal internal dalam bentuk online.
Suasana akademik dibangun melalui keikutsertaan dosen dan mahasiswa dalam kegiatan penelitian, pengabdian masyarakat, penerapan teknologi dan kegiatan ilmiah lain, termasuk seminar internal, regional, nasional, dan internasional. Dana kegiatan-kegiatan tersebut bersumber dari hibah pemerintah melalui Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DP2M) Dikti, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk dosen dan mahasiswa (Program Kreatifitas Mahasiswa/PKM) dan dana dari sumber lain. Dosen diharapkan keikutsertaannya dalam mengakses dana kegiatan tri dharma dan membimbing mahasiswa untuk mengakses dana kegiatan PKM serta kegiatan berskala regional, nasional, atau internasional lain.
Dana penelitian minimum mencapai Rp. 10.000.000,- per dosen per tahun Setiap dosen mempublikasi sedikitnya satu artikel pada jurnal terakreditasi atau jurnal online setiap tahun. Setiap dosen menjadi pembicara pada seminar (internal, nasional, regional, internasional) sedikitnya sekali dalam satu tahun. Minimum ada 10 judul proposal PKM setiap tahun dan sedikitnya 50% di antaranya dapat memperoleh dana dari DP2M Dikti.
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN PRODI TIP
PENGETAHUAN INDONESIA ENGLISH
P1

Mampu mengindetifikasi, menganalisis permasalahan keteknikan, manajerial, teknik desain, teknologi bahan, proses, produk, dan sistem agroindustri serta implementasinya.

Able to identify and analyze the cases on engineering, managerial, design, material technology, process, product, and agroindustrial system, as well as their implementation.

P2

Mampu merancang teknologi dan sistem keteknikan untuk memenuhi kebutuhan dalam menjawab tantangan di masa depan.

Able to design technology and engineering system which are required to fill the future gaps.

KETERAMPILAN KHUSUS INDONESIA ENGLISH
KK1

Mampu mengembangkan kepekaan menemukenali permasalahan dan merekomendasikan alternatif pemecahan masalah sistem agroindustri.

Able to nurture the problem-recognizing approach and then recommend alternative solutions in the area of agroindustrial system.

KK2

Mampu mengembangkan kepribadian, pola pikir kritis, holistik, dan inovatif dalam mengintegrasikan aspek kerekayasaan dan pabrikasi dengan aspek manajerial dan organisasi ke dalam sistem agroindustri.

Able to enhance personality, critical thinking, holistic, and innovative mindset in integrating engineering and manufacturing aspects with managerial and organizational aspects into agroindustrial system.

KK3

Memiliki kemampuan untuk terlibat dalam pembelajaran sepanjang hayat.

Able to engage in the lifelong learning.

KK4

Mampu membangun jaringan kerja, menumbuhkan jiwa kewirausahaan yang mandiri dan berkelanjutan.

Able to build a network, foster an independent and sustainable entrepreneurial spirit.

KK5

Mampu berkomunikasi dan bekerja dalam tim secara efektif dan profesional dalam menyelesaikan permasalahan agroindustri serta dapat mentransformasikan keilmuan keteknikan terkini kedalam konsep agroindustri berkelanjutan.

Able to communicate and work in teams effectively and professionally in solving agro-industry problems and can transform the latest engineering knowledge into sustainable agro-industry concepts.

SIKAP INDONESIA ENGLISH
S1

Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.

Fear of God Almighty and able to show a religious attitude.

S2

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.

Actively contributing to improvement of the quality of life in society, nation, state, and the progress of civilization referring to Pancasila.

S3

Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.

Actively serving as citizens who are proud and love their homeland, having nationalism and a sense of responsibility to the country and nation.

S4

Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.

Working together and having social sensitivity and concern for society and the environment.

S5

Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

Demonstrating a responsible attitude towards work in their area of expertise independently.

KETERAMPILAN UMUM INDONESIA ENGLISH
KU1

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau keahliannya serta sesuai dengan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.

Able to apply logical, critical, systematic, and innovative thinking in the context of their development or expertise and relevant to the technology that strongly consider humanities values in accordance with the field of expertise.

KU2

Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.

Able to examine the implications of the development or implementation of science and technology that examines and applies humanities values according to their expertise based on scientific rules, procedures and ethics in order to produce solutions, ideas, designs or art criticism, compose a scientific description of the results of their studies in the form of a thesis or final project report , and upload it on the college website.

KU3

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.

Able to produce convenient decisions in the context of solving problems in their area of expertise, based on the results of analysis of information and data.

KU4

Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.

Able to be responsible for achieving group work results, as well as supervising and evaluating the completion of work assigned to workers under their responsibility.