Visi, Misi dan Tujuan

V  I  S  I

Menjadi program studi yang menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian di bidang agroindustri berbasis pembangunan berkelanjutan dan berwawasan kewirausahaan yang professional dan berdaya saing di tingkat nasional pada akhir tahun 2020

M  I  S  I
  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran yang profesional dengan selalu mengantisipasi kebutuhan dan perkembangan ilmu dan teknologi.
  2. Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan sarjana yang memiliki jiwa kewirausahaan dan keahlian di bidang pengelolaan agroindustri, serta bermoralitas tinggi.
  3. Menyelenggarakan penelitian di bidang agroindustri yang aplikatif dan mampu menjawab kebutuhan masyarakat serta perkembangan iptek.
  4. Menyelenggarakan pengabdian di bidang agroindustri yang terintegrasi dan berkelanjutan.
  5. Menyelenggarakan jejaring yang luas dalam segala bidang di tingkat nasional dan regional.
T U J U A N

Tujuan Prodi TIP ini merujuk pada tujuan Fakultas Pertanian dan tujuan UTM. Tujuan ini juga diturunkan dari misi Prodi TIP. Adapun tujuan penyelenggaraan Prodi TIP adalah sebagai berikut :

  1. Menghasilkan proses pembelajaran yang mengacu pada sumber-sumber mutakhir, mengintegrasikan soft skill, hard skill, dan moralitas.
  2. Menghasilkan proses pembelajaran yang efektif dan efisien berorientasi pada pembelajaran berbasis kebutuhan dan aktivitas mahasiswa (student-centered learning).
  3. Menghasilkan lulusan yang berjiwa kewirausahaan, kompeten di bidang agroindustri, bermoral tinggi, dan berkemampuan sosial.
  4. Menghasilkan karya-karya penelitian yang dapat menjawab kebutuhan masyarakat
  5. Mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di lingkungan sekitar.
  6. Menghasilkan jejaring yang luas dengan berbagai lembaga yang berkaitan di tingkat nasional dan regional.
S A S A R A N

Sasaran-sasaran yang ingin dicapai dengan penyelenggaraan Prodi TIP adalah sebagai berikut:

Lulusan yang mempunyai kompetensi dalam bidang agroindustri dan mempunyai jiwa wirausaha sehingga mampu bersaing di dunia kerja dengan spesifikasi :
  1. IPK ≥ 3,00 dan meningkat sebesar 0,01 setiap tahunnya
  2. Jumlah mahasiswa lulus dengan masa studi ≤ 8 semester sebanyak 65% dan persentase ini meningkat tiap tahun
  3. Mampu berkomunikasi dalam Bahasa Inggris, dibuktikan dengan skor TOEFL minimal 450
  4. Menguasai aplikasi komputer bidang Teknologi Industri Pertanian dan akademik, penelitian, serta teknologi informasi
  5. Mempunyai kemampuan dalam berwirausaha dengan dibuktikan 4 sertifikat kelulusan pelatihan kewirausahaan dan soft skills.
  6. Pernah menerbitkan artikel di jurnal, termasuk jurnal internal dalam bentuk online.
Suasana akademik dibangun melalui keikutsertaan dosen dan mahasiswa dalam kegiatan penelitian, pengabdian masyarakat, penerapan teknologi dan kegiatan ilmiah lain, termasuk seminar internal, regional, nasional, dan internasional. Dana kegiatan-kegiatan tersebut bersumber dari hibah pemerintah melalui Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DP2M) Dikti, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk dosen dan mahasiswa (Program Kreatifitas Mahasiswa/PKM) dan dana dari sumber lain. Dosen diharapkan keikutsertaannya dalam mengakses dana kegiatan tri dharma dan membimbing mahasiswa untuk mengakses dana kegiatan PKM serta kegiatan berskala regional, nasional, atau internasional lain.
Dana penelitian minimum mencapai Rp. 10.000.000,- per dosen per tahun Setiap dosen mempublikasi sedikitnya satu artikel pada jurnal terakreditasi atau jurnal online setiap tahun. Setiap dosen menjadi pembicara pada seminar (internal, nasional, regional, internasional) sedikitnya sekali dalam satu tahun. Minimum ada 10 judul proposal PKM setiap tahun dan sedikitnya 50% di antaranya dapat memperoleh dana dari DP2M Dikti.