Alumni

Hasil penulusuran pada alumni menunjukkan bahwa status pekerjaan alumni Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Trunojoyo (Unijoyo) 78% sudah bekerja dan 22% tidak bekerja (ditunjukkan pada Gambar 2.1.(a)). Dari alumni yang sudah bekerja diketahui bekerja pada institusi non pemerintah sebesar 52%, bekerja pada institusi pemerintah sebesar 36% dan wirausaha 12% (Gambar 2.1.(c)). Sedangkan alumni yang tidak bekerja disebabkan karena belum ada lowongan pekerjaan yang sesuai bidang ilmu (kompetensi belum sesuai) (43%), melanjutkan studi/pascasarjana (43%), dan sedang mengikuti training/kursus untuk persiapan mencari kerja (14%).

Gambar

(a). Status Pekerjaan alumni TIP tahun 2011

(b). Faktor penyebab belum bekerja

(c). Jenis Pekerjaan Alumni TIP Tahun 2011

Proses Mendapatkan Pekerjaan

Alumni Prodi Teknologi Industri Pertanian (TIP) sumber untuk memperoleh informasi tentang pekerjaan adalah sebagian besar dari teman atau keluarga (45%), kemudian mendapatkan dari internet (23%), surat kabar (23%), Dosen (5%), dan Organisasi ikatan alumni (5%) (Gambar 2.2.(a)).

Gambar 2.2.(b). menunjukkan bahwa alumni Prodi Teknologi Industri Pertanian (TIP) Fakultas Pertanian Universitas Trunojoyo (Unijoyo) mendapatkan pekerjaan melalui proses tes sebanyak 82%, kemudian mendapatkan tawaran langsung sebanyak 14% dan mendapatkan rekomendasi dari orang lain sebanyak 4%.

Gambar

(a). Sumber Informasi tentang pekerjaan

(b). Cara mendapatkan pekerjaan

Gambaran tingkat kesesuai pekerjaan dengan bidang keilmuan Prodi Teknologi Industri Pertanian (TIP) Fakultas Pertanian Universitas Trunojoyo (Unijoyo) ditunjukkan Gambar 2.5 (b). Gambar 2.5 (b) menunjukkan bahwa sebagian besar (84%) alumni Prodi Teknologi Industri Pertanian (TIP) Fakultas Pertanian Universitas Trunojoyo (Unijoyo) bekerja sesuai dengan bidang ilmu prodi TIP sedangkan sisanya (16%) tidak sesuai dengan bidangnya.

Gambar

(a). Profil pekerjaan alumni,

(b). Tingkat kesesuai pekerjaan alumni dengan bidang keilmuan TIP, dan

(c). Posisi/Jabatan alumni

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *