PENGANTAR

Indonesia adalah negara agraris dan kepulauan, karena sebagian besar penduduk Indonesia mempunyai mata pencaharian di bidang pertanian atau bercocok tanam.Data Badan Pusat Statistik pada tahun 2014 menunjukkan bahwa 34% penduduk Indonesia bekerja di bidang Pertanian, Perkebunan, Kehutanan, dan Perikanan. Pertanian di Indonesia menghasilkan berbagai macam tumbuhan komoditi ekspor, antara lain beras, padi, jagung, kedelai, sayur-sayuran, cabai, ubi, dan singkong. Di samping itu, Indonesia juga dikenal dengan hasil perkebunannya, antara lain tembakau, kopi, tebu, dan rempah rempah. Sedangkan komoditi Pulau Madura adalah Tembakau, Ikan Laut, Rumput laut, dan Garam.

Akan tetapi saat ini Indonesia mengalami kekurangan bahan pangan, terutama beras, gula, dan garam. Oleh karena itu Perguruan Tinggi sebagai agen perubahan harus melakukan peran dalam meningkatkan produktifitas pertanian guna mendukung program pemerintah yaitu kemandirian pangan. Berdasarkan pemikiran di atas, maka perlu pemikiran dari semua pihak yaitu akademisi, peneliti, pelaku usaha dan pemerintah untuk bekerja sama dalam mewujudkan kemandirian pangan.

 

Tujuan :

  1. Memaparkan hasil-hasil penelitian dan gagasan ilmiah mengenai teknologi pertanian dalam rangka meningkatkan produktifitas dan efisiensi pertanian.
  2. Memaparkan hasil-hasil penelitian dan gagasan ilmiah mengenai pengolahan hasil pertanian dalam rangka mendukung program kemandirian pangan.
  3. Menjadi bahan kajian dan pengembangan bagi pihak terkait (akademisi, peneliti dan pelaku usaha).

 


by with no comments yet.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>